Serba – Serbi Dunia

Carilah Ilmu Sampai Kenegri China

Rahasia Ramalan Deddy Corbuzier


Lain Paul Gurita, Ramalan Piala Dunia Deddy Corbuzier Banyak Diragukan

Inilah kalau Pesulap jadi Peramal, Banyak Rekayasa Dalam Ramalannya

Piala Dunia 2010 bukan hanya diramaikan dengan pertandingannya. Tetapi, juga tak kalah seru adalah ramalan tentang nasib pertandingan itu sendiri.  Bahkan Paul Gurita saat ini jauh lebih terkenal dari pada David Villa bintangnya Spanyol. Paul si Gurita sangat terkenal karena menggemparkan dunia dengan ramalannya yang terbukti hampir 100 persen akurat. Di Indonesia ada Deddy Corbuzier, mentalis ternama yang memasukkan prediksinya ke dalam sebuah kotak yang telah dibuka usai pertandingan final tadi. Cuman ramalan ini ternyata banyak diragukan berbagai pihak.

Hal utama yang menjadi alasan keraguan tersebut adalah mengapa ramalan itu dibuka justru saat prtandingan sudah selesai. Padahal pada umumnya ramalan itu dilakukan justru pada saat sebelum pertandingan dilakukan, bukan setelah pertandingan tersebut dilakukan. Bila setelah pertandingan baru diungkapkan tentunya banyak kecurigaan akan timbul. Karena, Deddy Corbuzier aalah tukang sulap yang mempunyai 1001 tipuan sulap yang dapat mengelabuhi penonton. Begitu juga ramalan Piala Dunia 2010 ala tukang sulap ini banyak menimbulkan gunjingan tentang kecurangan yang dilakukan pesulap sohor tersebut.

Hal ini menunjukkan perbedaan antara pesulap dan peramal.  Memang bisa saja pesulap mempunya insting meramal. Tetapi sebenarnya antara pesulap dan peramal jauh berbeda. Kalau peramal pasti akan menunjukkan ketajaman instinknya untuk memprediksi sesuatu yang bakal terjadi. Sedangkan pesulap yang menjadi peramal mungkin akan membuat trik untuk menjadikan ramalannya benar. Jadi pesulap mengandalkan tipuan trik atau rekayasa sedangkan peramal adalah jujur hanya mengandalkan instink dan tidak merekayasa.

Roy Suryo Ragukan Rekaman Deddy Corbuzier

Menurut Roy Suryo, kotak yang disimpan di Cilandak Town Square (Citos) adalah kotak kosong dan kotak yang asli disimpan di notaris, ini merupakan kecerdikan Deddy dalam mengemas pertunjukannya. Pengamat multimedia Roy Suryo menduga rekaman tebak skor pertandingan final Euro 2008 dalam acara Deddy Corbuzier dilakukan setelah yang bersangkutan melihat partai final kejuaran sepakbola negara-negara Eropa itu.

Menurut Roy, kapan rekaman tersebut dilakukan, dapat diketahui melalui piranti back-dated pada rekaman tebak skor milik Deddy Corbuzier. “Saya yakin dan dapat membuktikan bahwa rekaman tebak skor Deddy Corbuzier tersebut dilakukan setelah dia nonton final Piala Eropa, dan bukan seperti yang dikatakannya dalam jumpa pers pada 6 Juni bahwa rekaman dilakukan sebelum tanggal itu,” kata Roy di Yogyakarta. “Melalui teknologi itu dapat diketahui kapan rekaman tersebut dilakukan. Meskipun telah berulangkali dikopi (disalin), jejak awal tetap dapat diketahui,” lanjutnya.

Ia menambahkan, seharusnya saat jumpa pers Deddy dapat menyampaikan prediksi atau tebak skor, dan bukan menyimpannya. “Tebak skor itu kan hanya direkam, dan ini memungkinkan sekali untuk sebuah trik sulap atau sejenisnya. Kecuali jika pada saat jumpa pers Deddy langsung mengatakannya, maka tebak skor tersebut sangat valid karena dilakukan sebelum pertandingan,” katanya.

Roy mengatakan apabila kemudian Deddy Corbuzier menyebutkan bahwa kotak yang disimpan di Citos adalah kotak kosong dan kotak yang asli disimpan di notaris, ini merupakan kecerdikan Deddy dalam mengemas pertunjukannya. “Saya tidak pernah mengatakan Deddy akan menebak di mana, tetapi prediksi saya adalah dia akan melakukan tebak skor Piala Eropa, dan ternyata prediksi saya benar,” cetusnya. Menurut dia, pola pertunjukan Deddy Corbuzier itu merupakan kepintarannya memanfaatkan notaris untuk terlibat dalam permainan dan pertunjukannya.

Video NC1253HZ6 Mentalis Deddy Corbuzier Sangat Mencurigakan

Deddy Corbuzier

Kode NC1253HZ6 akhirnya terungkap, ternyata kode yang dimaksud adalah sebuah ‘channel’ di YouTube. Deddy memberikan sebuah kode NC1253HZ6 melalui akunnya di Twitter, sebagai petunjuk atau kunci atas teka-teki siapa juara di Afrika Selatan. Tak sedikit di antara netter Indonesia yang berupaya membongkar apa yang tersembunyi di balik kode tersebut. Salah satu versi terlaris dibuat oleh seseorang :

N = North = Utara yang berarti letak negara di utara.
C = Christianity = negara dengan mayoritas penduduk beragama Nasrani.
1253 = angka yg menunjukkan letak negaranya. Karena letaknya di utara, disesuaikan dengan letaknya menurut garis lintang utara = 52°-31° lintang utara.
H = Horst Köhler yang merupakan presiden resmi terakhir yang dipilih melalui pemilu.
Z = Zurücktreten = yang berarti mengundurkan diri.
6 = enam tahun.

Rincian di atas menunjukkan Jerman bakal juara, karena letak negaranya di utara, 52°-31° lintang utara, 63% penduduk Jerman adalah Kristen, Horst Köhler dilantik tanggal 1 Juli 2004 pada pemilu 23 Mei 2009 dan terpilih kembali menjadi presiden, kemudian mengundurkan diri setelah menjabat presiden selama hampir enam tahun pada tanggal 31 Mei 2010. Namun pada pertandingan semi-final Jerman tersingkir, sehingga berbagai macam versi lainnya merebak.

Akhirnya apa yang dimaksud dengan kode NC1253HZ6 terungkap tadi pagi, usai kemenangan Spanyol atas Belanda di final Piala Dunia 2010. Deddy tampil secara langsung di layar televisi dengan upacara pembukaan kotak. Terdapat selembar kertas di dalamnya dengan tulisan skor “Belanda 0-2 Spanyol”, tapi angka 2 dalam keadaan tercoret, digantikan oleh angka 1. Selanjutnya, Deddy membeberkan arti NC1253HZ6. Ia membuka papan yang terlipat dua: sisi terdepan menunjukkan “NC1253HZ6″, kemudian ia membalikkan sisi lainnya yang tertulis “www.youtube.com/”. Ternyata NC1253HZ6 adalah sebuah kanal di YouTube!

Di kanal itu, terdapat video Deddy yang mengatakan: “Sekarang tanggal 16 dinihari, dan saya memprediksikan negara yang akan memenangkan FIFA World Cup 2010…adalah Spanyol. Sekali lagi negara yang akan memenangkan FIFA World Cup 2010 adalah Spanyol, dan video ini akan saya upload ke YouTube secepatnya setelah rekaman ini selesai saya buat.”

Dan benar, Deddy secepatnya mengunggah video tersebut, sehingga tercantum 17 Juni 2010 sebagai tanggal naiknya video.

Mari kita tinjau video NC1253HZ6 ini secara tuntas. Perhatikan:

  1. Halaman http://www.youtube.com/NC1253HZ6 adalah sebuah kanal (atau channel) di YouTube.
  2. NC1253HZ6 adalah nama pengguna (user), dan bukan tautan atau sebuah link utama video.
  3. Tautan video yang sebenarnya adalah
    http://www.youtube.com/watch?v=6WYnOQyWQe4
  4. Hanya ada satu video di dalam kanal NC1253HZ6. Judul videonya sendiri adalah NC1253HZ6.

Empat poin di atas menimbulkan kecurigaan, karena:

  1. Kalau Deddy ingin memberikan sebuah clue, seharusnya yang diberikan adalah 6WYnOQyWQe4, bukan NC1253HZ6. Otomatis, pemberian NC1253HZ6 adalah sebuah penipuan.
  2. Di dalam video ini, skornya tidak disebutkan. Otomatis, isi kotak dengan tulisan “Belanda 0-2  1 Spanyol” patut dipertanyakan. Kalau memang yakin, sudah selazimnya Deddy menyebutkan skor di dalam video ini.
  3. Tanggal upload video bisa diubah.
  4. Sebuah kanal bisa menampung jumlah video sebanyak-banyaknya dan bisa dihapus di kemudian hari.
  5. Setiap kanal terdiri dari “Recent Activity” atau catatan aktivitas terbaru yang bisa dihapus.
  6. Semua video yang diunggah si pengguna bisa diatur supaya tidak terlihat oleh umum. Terdapat tiga pilihan penyiaran:
    • Public (umum): Semua orang bisa melihat videonya.
    • Unlisted (tidak terdaftar): Hanya orang yang mempunyai link yang bisa melihat videonya.
    • Private (pribadi): Maksimal 25 orang yang bisa melihat videonya, dan orang-orang yang mendapatkan akses ditentukan oleh user sendiri.

Berbagai Trik Yang dapat Dilakukan adalah :

1) Tanggal upload bisa dimanipulasi.

2) “Recent Activity” bisa dihapus.

3) Jenis-jenis penyiaran: umum, tidak terdaftar, atau rahasia / pribadi.

4) Semua video yang telah diunggah bisa dihapus dan tidak terdeteksi lagi dalam daftar aktivitas.

Melihat ulasan tersebut di atas menunjukkan bahwa Kode NC1253HZ6 tidak ada artinya atau sama sekali tidak relevan dengan sebuah tautan video di YouTube. Sedangkan  dugaan kecurigaan itu berkembus makin kencang karena berbagai alasan, di antaranya adalah  :

  • Deddy mengunggah 32 video pada 17 Juni 2010 dengan ucapan pada masing-masing video:
    “Saya memprediksikan…Spanyol…”
    “Saya memprediksikan…Brasil…”
    “Saya memprediksikan…Honduras…”
    dan sebagainya.
  • Kemudian 31 video yang salah prediksi dihapus sebelum pengumuman tadi pagi. Skenario kedua adalah satu video ditayangkan dengan manipulasi tanggal.
  • Video NC1253HZ6 diatur supaya tidak diketahui publik sebelum pengumuman tadi pagi.

Sumber : http://korananakindonesia.wordpress.com/2010/07/12/lain-paul-gurita-ramalan-piala-dunia-deddy-corbuzier-banyak-diragukan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: