Serba – Serbi Dunia

Carilah Ilmu Sampai Kenegri China

Bahaya Memutihkan Gigi di Rumah


 

Gigi yang berwarna kuning, terlihat abu-abu, atau cokelat bisa membuat pemiliknya menjadi kurang pede untuk tersenyum. Karena itu pemutihan gigi atau bleaching banyak dilakukan untuk mereka yang mendambakan warna gigi putih seperti mutiara. Masalahnya, tindakan bleaching tersebut bisa berdampak buruk bagi gigi, apalagi jika dilakukan sendiri di rumah.

Tindakan bleaching di rumah biasanya menggunakan baking soda, abu, serta hidrogen perioksida. Teknik ini cukup populer karena dianggap lebih rumah ketimbang harus perawatan gigi di klinik gigi.

Para dokter gigi di Inggris baru-baru ini mengeluarkan pernyataan mengenai bahaya melakukan bleaching di rumah. Bahaya tersebut antara lain penipisan enamel yang melapisi gigi sehingga gigi menjadi transparan dan warnanya justru akan terlihat lebih gelap.

“Penggunaan baking soda berulang kali pada gigi bisa menipiskan enamel gigi sehingga gigi jadi sensitif, bahkan rapuh,” kata profesor Anthony Eder, dokter gigi dari London Tooth Whitening Centre.

Proses pemutihan gigi pada dasarnya bekerja seperti obat pembersih lantai untuk mengikis kotoran di permukaan. Bahan-bahan kimia yang ada memang bisa menyingkirkan kotorannya, tapi jika terus dilakukan bisa merusak gigi.

Tindakan pemutihan gigi sebenarnya aman, selama dilakukan dengan prosedur yang tepat oleh dokter gigi. Lagipula, tidak semua orang bisa melakukan pemutihan gigi. Hal lain yang perlu diketahui adalah proses bleaching tidak menjamin warna gigi akan putih seperti mutiara karena rentang warna gigi tiap orang berbeda.

kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: