Serba – Serbi Dunia

Carilah Ilmu Sampai Kenegri China

10 Sungai Paling Vital Untuk Kelangsungan Hidup Manusia di Dunia


1. Sungai Yangtze-China
Sungai Yangtze merupakan jantung bumi bagi China. Penduduk China menjuluki Sungai Yangtze “Naga Raksasa”
Seorang bapak modern China, Dr Sun Yat-sen, mencetuskan mimpi menjinakkan sungai di sekitar Three Gorges (Tiga Ngarai) sekaligus memanfaatkan Yangtze untuk pembangkit tenaga listrik pertama.Gagasan Sun Yat-sen membendung Sungai Yangtze, dimaksudkan untuk mengendalikan air bah Sungai Yangtze sehingga banjir tahunan dicegah, dikendalikan.
Keamanan pelayaran dan memberi tenaga listrik serta mengalirkan air terkendali kepada China bagian utara yang setiap tahun kekurangan air-Chang-jiang artinya Sungai Panjang, sebutan akrab penduduk sepanjang Yangtze, membelah secara historis geografis 6.300 kilometer dari sumber sungai gunung salju Geladandong, daerah otonomi Tibet, hingga Kota Shanghai, China, menjadi bagian utara dan selatan.
Tidak keliru apabila proyek ambisius bendungan terbesar di dunia ini merupakan mahakarya insinyur China. Apalagi mengingat dana pembangunannya, 90 persen dibiayai sendiri oleh China.
Three Gorges (tiga lembah), yang mengisyaratkan pada nama tiga lembah (Qutang, Wuxia dan Xiling) yang menjadi reservoir bendungan ini, memang betul-betul raksasa.
Pembangunannya harus memindahkan 1,3 juta penduduk, mengeruk sekitar 134 juta meter kubik tanah, membutuhkan 28 juta meter kubik beton dan 463 ribu ton baja, setara baja yang dibutuhkan untuk membangun 63 menara Eiffel. Panjang reservoir bendungan mencapai 600 km dan dapat menampung 39,3 km kubik air sungai Yangtze.
Total kapasitas pembangkit listrik mencapai 22.500 MW yang dapat mensuplai listrik sekitar 84,7 TWh.
Bendungan ini memiliki 5-flight shiplocks yang dapat menampung enam kapal bobot 10.000 ton dan sebuah one-step vertical shiplift yang mampu menampung kapal 3.000 ton dari permukaan 62 meter ke permukaan 175 meter air bendungan dalam waktu cepat. Kapal kemudian melanjutkan pelayaran ke Chongqing, lebih cepat daripada shiplocks yang memakan waktu empat sampai lima jam.
2. Sungai Mekong-Arteri Asia Tenggara
Mekong adalah salah satu sungai utama di dunia. Dia merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dan ke-10 terbesar dalam volume (melepas 475km³ air setiap tahunnya), dia mengisi wilayah seluas 795.000 km² dari Tibet dia mengalir melalui Cina provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Semua kecuali China dan Myanmar masuk kedalam Komisi Sungai Mekong. Karena variasi musim yang sangat berbeda dalam aliran dan adanya “rapid” dan air terjun membuat navigasi sangat sulit. dan sungai Mekong ini tidak terlepas dari sejarah bangsa-bangsa terutama di kawasan Asia Tenggara.
3. Sungai Gangga-India
Gangga ialah sungai di India Utara dan oleh pejabat dan menurut pemerintahan India sebagai sungai nasional Bharat. Dalam Hinduisme, Gangga juga disembah sebagai dewi.Sungai ini adalah sungai suci bagi yang beragama hindu.
Sungai Gangga merupakan perairan ekonomis penting di india Tapi ini lebih dikenal untuk signifikansi keagamaannya. Kota Varanasi, di tepi sungai, diperkirakan menjadi kota paling penting dalam agama Hindu. Banyak yang percaya bahwa kehidupan mereka tidak lengkap kecuali mereka mandi di Sungai Gangga setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka, karena akan membersihkan jiwa dari semua dosa.
4. Sungai Volga dan Sungai Lena-Eropa dan Rusia
Volga adalah sungai terpanjang di Eropa. Sungai ini mengalir ke bagian barat Rusia, dan secara luas dipandang sebagai sungai nasional Rusia. Sebelas dari dua puluh kota terbesar Rusia, termasuk ibukotanya, Moskwa, terletak di tepi sungai Volga.
Sungai Lena merupakan sungai terbesar ke-10 di dunia. Sungai ini terletak di Siberia. Panjangnya 4.400 km (2.734 mil). Sungai ini bermuara dari Laut Arktik hingga Gunung Baikal.
5. Sungai Danube-Eropa
Sungai ini adalah satu-satunya sungai Eropa yang besar yang mengalir dari barat ke timur. Sumbernya berada di Jerman di Hutan Hitam (Schwarzwald). Panjang sungai ini adalah sekitar 2.850 km, menuju Laut Hitam di Rumania, terletak di delta Donau.
Karena cukup lebar dan dalam, Sungai Donau dipakai untuk lalu-lintas kapal barang yang penting. Di bagian hulu, di wilayah Jerman, telah dibangun terusan yang menghubungkannya dengan Sungai Rhein melalui Sungai Main.
Secara keseluruhan terdapat sepuluh negara yang dilaluinya: Austria, Bulgaria, Kroasia, Jerman, Hongaria, Moldavia, Slowakia, Rumania, Ukraina, Serbia dan Montenegro, dan memiliki anak sungai di tujuh negara lainnya
6.Sungai Amazon dan Rio Uruguay-Amerika Selatan
Sungai Amazon adalah sungai di Amerika Selatan yang merupakan sungai terpanjang kedua di dunia.Amazon juga memiliki sistem peraliran terbesar dari seluruh sistem sungai. Meskipun Nil sungai terpanjang, namun Amazon bisa dianggap “terkuat” (dilihat dari jumlah air yang mengalir per detik).
Jumlah air tawar yang dilepas ke Samudra Atlantik sangat besar: 184.000 m³ per detik (6,5 juta kaki³) di musim hujan. Aliran Amazon merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar yang masuk ke laut di seluruh dunia. Air di laut dekat sungai ini memiliki kadar garam yang rendah sampai beratus mil jauhnya.
Sungai utamanya (biasanya memiliki lebar satu sampai enam mil) dapat dilalui untuk kapal uap samudra besar sampai Manaus, hampir 800 mil ke hulu sungai dari mulutnya.
Sungai Uruguay ( Spanyol : Río Uruguay) sungai di amerika selatan menggunakan ekonomi utama adalah generasi dari pembangkit listrik tenaga air dan ini dibendung dalam porsi yang lebih rendah oleh Salto Grande Dam dan oleh Ita Dam hulu di Brasil.
7. Sungai Nil, Sungai Niger, dan Sungai Senegal-Afrika
Sungai Nil adalah arteri transportasi utama di timur laut Afrika. Selain itu, strip subur yang ada sepanjang tepi merupakan beberapa tanah pertanian hanya mampu di wilayah tersebut.
Sungai Niger adalah sumber penting air di padang pasir Afrika Utara. Sungai membentang di bagian barat benua dan merupakan cara termudah untuk melakukan perjalanan melalui daerah tersebut.
Sungai Senegal penting untuk alasan yang sama seperti dua sungai lainnya di atas Afrika Utara. Mali, Guinea, Mauritania dan Senegal telah bergabung untuk menciptakan sebuah organisasi yang mengawasi dan peduli untuk daerah aliran sungai yang mengalir melalui semua empat negara.
8. Sungai Mississippi-Amerika Serikat
Sungai Mississippi ialah sungai di Amerika Serikat. Merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia dan merupakan sungai terpanjang ke dua di Amerika Serikat. Memiliki panjang 3,734 km (2,320 mi) dan bersumber pada Danau Itasca di Minnesota dan berujung pada Teluk Meksiko.Mississippi telah menjadi luar biasa penting dalam sejarah AS. Saat pertama kali AS menjadi negara, Sungai Mississippi merupakan perbatasan barat AS. Dalam sejarah AS, Mississippi telah menjadi sangat penting untuk pengangkutan dengan air.
9. Sungai Rio Grande-Amerika Serikat
Rio Grande (dikenal di Meksiko sebagai Río Bravo del Norte, atau hanya Río Bravo) adalah sebuah sungai yang merupakan bagian dari Meksiko – Amerika Serikat perbatasan .merupakan sungai terpanjang keempat sistem di Amerika Utara. [1] Ini berfungsi sebagai batas alam antara negara bagian AS dari Texas dan Meksiko negara bagian Chihuahua , Coahuila , Nuevo León , dan Tamaulipas.
10. Sungai Murray-Australia

Sungai Murray (Sungai Murray di Australia Selatan) adalah sungai terpanjang Australia.Sungai Murray (dan anak sungai yang terkait) mendukung berbagai kehidupan sungai yang unik disesuaikan dengan liku-liku nya.Sungai Murray (dan anak sungai yang terkait) mendukung berbagai kehidupan sungai yang unik disesuaikan dengan liku-liku nya.Ini mencakup berbagai ikan asli seperti yang terkenal Murray cod , cod trout.

 

terselubung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: