Serba – Serbi Dunia

Carilah Ilmu Sampai Kenegri China

Aku Benci Matematika


aku benci matematikaAku Benci Matematika!! Banyak orang mengatakan kalimat tersebut. Pelajaran matematika memang menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar pelajar matematika.

Matematika memang tergolong pelajaran yang sulit dan harus memakai otak untuk memahaminya. Karena matematika memang termasuk kedalam ilmu pasti atau yang biasa disebut eksakta.

Sebenarnya matematika akan menjadi pelajaran yang menyenangkan jika dikemas secara unik dan menarik. Matematika sendiri mempunyai banyak soal yang menantang . sekarang, soal-soal matematika tidak terpaku lagi pada soal yang menggunakan rumus tapi menggunakan logika dan cara berfikir kreatif.

Sayangnya pembelajaran matematika di sebagian besar di sekolah-sekolah di Indonesia masih menggunakan metode lama. Pelajaran matematika yang rumit dibawakan oleh guru yang killer. Sehingga pelajaran matematika yang rumit semakin sulit. Karena guru pengajarnya memaksakan anak didiknya untuk mengerti apa yang diajarkan oleh mereka.

Metode pengajaran matematika di Indonesia sebenarnya kurang tepat, karena menggunakan metode pengembangan soal bukan pengembangan rumus. Maksudnya materi difokuskan pada penjawaban soal-soal. Jadi, saat soal berbeda tidak semua siswa dapat menjawab. Padahal rumus yang digunakan sama, hanya membolak-balik rumus dibeberapa bagian.

Selain itu guru matematika yang tercap killer,sering memberikan Pekerjaan Rumah (PR) yang banyak. Bahkan beberapa diantara mereka memaksakan anak didiknya untuk memahami apa yang telah mereka sampaikan. Alhasil saat mengumpulkan PR anak didik mereka kebanyakan mencontek pada teman yang sudah mengerjakan. Bahkan beberapa diantaranya tidak peduli apakah yang diconteknya benar atau salah. Karena hanya tidak ingin berurusan dengan ‘Mr. Killer’.

Di Negara-negara maju matematika adalah pelajaran favorit. Bagi mereka, matematika adalah sebuah tantangan, semakin sulit suatu soal matematika maka mereka semakin bergairah untuk memecahkannya.

Kurangnya minat pada bidang matematika di Indonesia terbukti saat ajang olimpiade matematika internasional. Pada International Mathematical Olympiad (IMO) ke-52 di Amsterdam, Belanda. Tanggal 12-24 Juli 2011, Tim Olimpiade Matematika Indonesia baru mendapatkan 2 medali perak atas nama Ivan Wangsa Cipta Lingga (SMAK 1 BPK Penabur Jakarta) dan Johan Gunardi (SMAK 5 BPK Penabur Jakarta).

Berbeda sekali dengan prestasi yang telah dicapai Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI). Di setiap ajang Olimpiade Fisika Internasional, TOFI selalu membawa pulang medali emas. Bahkan sering kali medali emas yang diperoleh lebih dari satu.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus merubah image orang Indonesia yang antipati dengan matematika. Untuk itu kamu harus tanamkan rasa penasaran saat mengerjakan soal-soal matematika. Jangan pernah menyerah ketika kamu tidak bias mengerjakan soal tersebut. Sebaliknya, kamu harus selalu penasaran jika belum mendapatkan jawabannya. Kamu juga bias usulkan pada guru matematikamu untuk mempelajari matematika dengan film atau animasi, sehingga pelajaran matematika di kelas tidak lagi membosankan. Dan jangan sungkan-sungkan bertanya pada guru jika kamu belum memahami materi yang kamu pelajari.

Selain itu kamu juga biasa belajar matematika dengan metode singkat dan cepat, saat ini banyak buku matematika yang menawarkan metode itu. Jika kamu ingin soal-soal matematika yang menggunakan logika kamu bias mempelajari soal-soal olimpiade, karena sebagian besar soal-soal olimpiade itu dipecahkanya denan logika. Dan jangan lupa untuk merubah kalimat ‘AKU BENCI MATEMATIKA’ menjadi ‘AKU CINTA MATEMATIKA!’.

 

karya: Aisyah Ummi Mu’minin (SMA Islam Al-Ishlah Boarding School – Indramayu)
sumber

Iklan

2 responses to “Aku Benci Matematika

  1. lista de email Agustus 16, 2012 pukul 11:45 pm

    i’ve never heard of something like that before, thank you for sharing this information with us. lista de email lista de email lista de email lista de email lista de email

  2. lista de email Agustus 20, 2012 pukul 1:03 am

    thanks for the info, very useful and it helps us a lot. lista de email lista de email lista de email lista de email lista de email

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: